PAL Jaya Tergetkan Produksi 13 Smart Toilet di 2017

By Admin


nusakini.com - Perusahaan Daerah Pengolahan Air Limbah (PD PAL) Jaya menargetkan sebanyak 13 unit smart toilet dapat diproduksi hingga Desember 2017.


Direktur Administrasi dan Keuangan PD PAL Jaya, Hidayat Sigit Suryanto menuturkan, smart toilet ini diproyeksikan untuk menambah fasilitas umum yang baik bagi masyarakat.


"Smart toilet ini ramah lingkungan karena dilengkapi dengan sistem pengolahan air limbah," kata Sigit.


Dijelaskannya, ada dua tipe smart toilet yang dikembangkan PD PAL Jaya yakni, anti-vandalisme dengan nilai investasi Rp 250 juta per unit, serta standard sanitaryware yang per unitnya mencapai Rp 180 juta.


"Kami terus lakukan riset dan pengembangan. Dua unit yang diujicoba di halte bus Transjakarta juga akan kita evaluasi dalam tiga bulan mendatang," terangnya.

Sementara, Direktur Utama PT Transportasi Jakarta (Transjakarta), Budi Kaliwono mengatakan, penambahan smart toilet di halte-halte bus Transjakarta masih akan dibahas lebih lanjut dengan PD PAL Jaya.


"Smart toilet sangat efektif memberikan kenyamanan dan peningkatan pelayanan. Untuk halte Transjakarta saat ini ada 238 dan baru memiliki 77 toilet konvensional," tandasnya.(pr/kj/al)